Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT

MAGISTER KESMAS


 

VISI

Menjadi Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat S2 yang Mampu Menghasilkan Tenaga Magister Professional dan Kompeten yang Unggul di Bidang Administrasi Rumah Sakit Tahun 2020

MISI

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang kondusif dengan berbagai fasilitas belajar, tools, metode, dan sistem pembelajaran berbasis riset sesuai dengan kurikulum Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat S2.
  2. Mengoptimalkan dan mengimplementasikan program riset kesehatan masyarakat yang difokuskan pada masalah kesehatan lokal Sumatera Utara dengan menggunakan pendekatan baru riset kolaboratif dalam bidang ilmu kesehatan masyarakat.
  3. Mengimplementasikan program pengabdian masyarakat berbasis riset untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kesehatan di Sumatera Utara dengan menekankan upaya pendekatan preventif health Science.

Kurikulum Pogram Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Magister memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dibangun untuk mendukung tercapainya tujuan, terwujudnya visi dan terlaksananya misi memuat mata kuliah yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan untuk memperluas wawasan dan memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk memperdalam keahlian sesuai dengan peminatan. Kurikulum Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Magister memiliki tujuan, cakupan dan materi yang mendorong terbentuknya hard skills dan  soft skills untuk menghadapi dunia kerja dengan berbagai situasi dan kondisi.

Kurikulum pendidikan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Magister disusun dan berpedoman pada kurikulum inti yang berlaku secara nasional yang meliputi 80% isi kurikulum ditambah 20% muatan lokal, terlampir dalam buku kurikulum dan silabus masing-masing program studi.  Peranan unit pengelola dalam menyusun, mengembangkan dalam memonitor dan mengevaluasi proses pembelajaran meliputi:

Monitoring Perencanaan Kurikulum, Monitoring perencanaan pembelajaran di operasionalkan berdasarkan rencana kerja tahunan, pembelajaran masing-masing program studi di Unit Pengelola Monitoring dan evaluasi perencanaan pembelajaran difokuskan pada aspek

1). Kesesuaian mata kuliah dengan kompetensi utama, pendukung, dan penciri

2). Kesesuaian relevansi keilmuan dengan kualifikasi dosen pengampu mata kuliah

3). Kesesuaian RPS dengan modul pembelajaran

4). Kesesuaian materi pembelajaran dengan RPS

5). Persentase capaian pembelajaran sesuai dengan RPS

6). Kesesuaian persentasi mengajar dengan RPS.  

 

 

Monitoring Proses Pembelajaran, Monitoring proses pembelajaran telah disusun secara sistematis dalam rencana kerja tahunan pembelajaran masing-masing program studi di Unit Pengelola. Monitoring dan evaluasi proses pembelajaran difokuskan pada aspek :

  1. Ketepatan waktu masuk dan keluar ruangan kelas dan kesesuaianya dengan jadwal yang telah ditetapkan
  2. Absensi kehadiran mahasiswa dan dosen
  3. Cakupan capaian belajar berdasarkan RPS dan jumlah pertemuan dalam satu semester  

 

Evaluasi Proses Pembelajaran, Evaluasi proses pembelajaran di Unit Pengelola dilaksanakan setiap akhir semester. Evaluasi proses pembelajaran difokuskan pada aspek :

  1. Pemahaman materi pembelajaran melalui ujian tengah semester dan akhir semester
  2. Kompetensi yang diharapkan tercapai dari proses pembelajaran

Biaya Masuk & Pendaftaran

Jalur Umum

  1. UANG PEMBANGUNAN (hanya sekali) Rp 3.500.000
  2. UANG PERLENGKAPANN (Jacket Almamater, logo clan badge nama )  Rp 1.000.000
  3. UANG KULIAH (per semester) Rp 7.000.000
  4. UANG PERPUSTAKAAN (per semester) Rp 500.000

TOTAL Rp 12.000.000

Catatan

  1. UANG PENDAFTARAN & SELEKSI : Rp 1.500.000
  2. PEMOTONGAN UANG PEMBANGUNAN (ALUMNI) : Rp 3.500.000
  3. UANG PROPOSAL, TESIS, dan JURMNAL (hanya sekali): Rp 7.000.000
  4. UANG MATRIKULASI (bagi lulusan D4) : Rp 1.500.000
  5. UANG UJIAN (per semester): Rp 750.000